APLIKASI KOMPUTER – CHAPTER 1
Mata Kuliah : Aplikasi Komputer
Hari/Tgl : Selasa
Jam
: 10.30
Dosen
: Dicky Supriatna, S.Kom., MTI
Penulis
: 201350263 - Yuli Oktaviani
PENGENALAN KOMPUTER
Dunia Komputer
world of computers |
Komputer mampu membantu pekerjaan manusia di manapun dan kapanpun.
Orang bisa mentransfer uang, membeli barang, bahkan bekerja melalui
komputer meskipun sedang berada di rumah. Di tempat kerja, komputer
dapat digunakan untuk menulis surat, mencatat memo, mengatur jadwal
pertemuan. Tidak hanya bekerja, orang-orang juga menggunakan komputer
untuk hiburan atau sekedar melepas stress. Mereka bisa bermain games,
mendengarkan musik, menonton film, membaca buku dan lain-lain.
Apa Itu Komputer ?
Apa Itu Komputer ?
Komputer adalah suatu alat elektronik, dimana dapat beroperasi
dengan instruksi-instruksi yang tersimpan di dalam memori miliknya,
yang dapat menerima, memproses dan menghasilkan data dengan pengaturan
yang lebih spesifik.
Siklus Pengolahan Data
Komputer memproses data (input) untuk di proses dengan menggunakan instruksi-instruksi dan hasilnya berupa suatu informasi (output). Kumpulan dari instruksi yang berhubungan tersebut diatur untuk satu tujuan yang disebut sebagai software. Komputer juga mampu menyimpan data, informasi, dan instruksi di dalam sebuah media penyimpanan (storage device) supaya bisa digunakan di kemudian hari.
Data dan Informasi
Data adalah suatu barisan kata yang belum memiliki makna atau arti
sedangkan informasi adalah data yang sudah diolah sehingga memiliki satu
makna. Proses adalah langkah untuk mengubah data menjadi informasi.
Komponen-komponen Komputer
Sebuah komputer terdiri dari berbagai macam komponen yang biasa disebut perangkat keras atau hardware. Komponen-komponen tersebut termasuk input devices, system unit, storage devices, dan communications devices.
Sebuah komputer terdiri dari berbagai macam komponen yang biasa disebut perangkat keras atau hardware. Komponen-komponen tersebut termasuk input devices, system unit, storage devices, dan communications devices.
- Input Devices
Sebuah input device adalah salah satu komponen perangkat keras yang
memungkinkan pengguna untuk memasukkan data dan instruksi ke dalam
sebuah komputer untuk kemudian dapat diolah sehingga menghasilkan
informasi. Contoh yang paling umum adalah keyboard dan mouse.Keyboard
komputer berfungsi untuk memasukkan data baik itu berupa huruf, angka
ataupun simbol. Mouse befungsi untuk mengatur pergerakan kursor pada
layar komputer.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input digolongkan menjadi dua :
- Peralatan input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen dan scanner.
- Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu, sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. ontohnya: punched ccard, disket, hard disk.
- Output Devices
output devices |
- System Unit
Sistem unit adalah suatu case yang di dalamnya mengandung
komponen-komponen elektronik yang dapat memproses data. Sistem di
dalamnya di hubungkan atau disatukan ke sebuah circuit board yang biasa disebut the motherboard.
Terdapat dua komponen utama dari motherboard yaitu memori dan
prosessor. Processor disebut juga CPU (central processing unit)
bertugas untuk memproses semua data dan perintah. Memori merupakan tempat penyimpanan program dan data sewaktu keduanya sedang di proses.
- Storage Devices
Storage device adalah suatu media penyimpan data atau
instruksi-instruksi yang dapat digunakan seterusnya. Contohnya USB flash
drives, hard disks atau memory card.
Saluran komunikasi menyediakan hubungan antarkomputer. Saluran ini berupa wire cable, fiber optic cable, sedangkan modem atau NIC dalam komputer bertindak sebagai interface antara komputer dan saluran komunikasi.
Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Komputer
Keuntungan Penggunaan Komputer
- Speed : Komputer dapat memproses jutaan atau bahkan miliaran data, instruksi, dan informasi dalam waktu yang sangat cepat seoerti menampilkan gambar, mengupgrade software, atau menonton video maupun film.
- Reliability : Komponen-komponen didalam komputer modern dapat dipercaya kebenarannyadan juga lebih handal karena mereka jarang sekali error atau gagal ketika menjalankan pengoperasian komputer.
- Consistensy : Jika komputer diberikan data yang sama dan di proses maka hasilnya pun akan sama pula.
- Storage : Mampu menyimpan atau mentransfer data atau informasi dari media penyimpana ke memori dalam waktu yang singkat atau disebut jugga media penyimpanan relatif.
- Communications : Mampu berkomunikasi dengan mudah dan tanpa batas. Misalnya komputer dengan komputer lain dapat berbagi informasi.
Kekurangan Penggunaan Komputer
- Health Risks : Resiko terhadap kesehatan seperti dapat membuat mata minus, sakit punggung, serta radiasi yang di pancarkan dari komputer. Pengguna komputer dapat melidungi dirinya sendiri dari resiko tersebut dengan cara duduk yang benar. jarak mata dengan komputer harus di sesuaikan, dan mengistirahatkan mata setelah melihat ke komputer tersebut dengan melihat pemandangan dalam jarak pandang yang jauh.
- Violation of Privacy : Pelanggaran privasi berupa penyalahgunaan suatu data atau informasi yang terdapat dalam komputer. Misalnya data pasien, laporan keuangan atau catatan pajak.
- Public Safety : Penyalahgunaan info dari hal-hal yang biasa di publikasikan di akun sosial mereka seperti foto, jurnal, musik atau informasi lainnya. Ada baiknya ketika sedang menggunakan komputer maka hindari dari mepublikasikan data diri atau informasi apapun yang dapat di salahgunakan oleh pihak tertentu.
- Impact on Labor Force : Dengan adanya peningkatan produktivitas melalui komputer maka tugas-tugas dari manusia pun tergantikan hingga dapat menyebabkan ratusan orang kehilangan pekerjaannya.
- Impact on Environment : Produksi pembuatan komputer dan hasil pembuangannya akan berdampak pada lingkungan,karena komputer dapat melepaskan material racun dan merkuri yang berbahaya contohnya sampah-sampah elektronik yang beracun. Untuk menekan dampak terhadap lingkungan, maka dilakukanlah green computing yaitu dengan menekan penggunaan listrik dan sampah elektronik.
1.Recycling : daur ulang komputer
2.Regulating Manufacturing Process : meregulasi manufakturnya dengan mengubah komputer tabung ke bentuk LCD
3.Extending The Life of Computer : memperpanjang umur komputer dengan cara di upgrade lagi.
4.Immediately Donating : mendonasikan komputer ke pihak yang membutuhkan
dibandingkan harus dibuang dan berakibat perusakan lingkungan.
Jaringan dan Internet
Jaringan adalah kumpulan dari komputer-komputer dan alat-alatnya yang
terhubung bersamaan dengan nirkabel. Ketika komputer terhubung dengan
jaringan maka koneksi internet pun sudah online.
Internet adalah kumpulan seluas dunia, dari jaringan-jaringan yang
menghubungkan jutaan para pebisnis, agensi-agensi pemerintahan dan
individu-individu lainnya. Saat ini, lebih dari jutaan orang menggunakan
internet baik untuk kehidupan sehari-hari ataupun untuk pekerjaan.
Alasan orang-orang menggunakan internet :
1 .Menjadi sarana komunikasi yang efektif dan efisien
2. Sarana penelitian dalam berbagai bidang ilmu maupun budaya
3. Belanja melalui pemesanan via online
4. Bank dan investasi
5. Mencari pekerjaan
5. Mencari pekerjaan
6. Hiburan seperti games online,social networking, membaca e-books
7. Berbagi Informasi
8. Download video dan musik
Social Networking Website
Social Networking Website
Social Networking Website dapat tmemungkinkan member membagikan ide,
cerita, musik, dan video ke register yang terregistrasi. Situs-situs
social networking yang sedang populer adalah Twitter, Facebook, Path
dll. Tidak hanya sekedar untuk alat untuk berinteraksi namun terdapat
pula situs yang khusus untuk para pecinta fotografi yang ingin
mengupload foto-foto mereka yaitu Instagram.
Berikut ini adalah 5 top situs website menurut ranking ebizmba :2. Twitter
1. System Software
Sistem Software terdiri dari program-program yang mengontrol atau
menjaga pengoperasian komputer dan perangkat-perangkatnya termasuk
menjalankan program-program aplikasi tertentu Dalam hal ini, sistem
software merupakan. Sistem software dibagi menjadi dua yaitu
- Sistem Operasi : berperan sebagai penghubung antara hardware dan software.Selain itu sistem operasi juga befungsi untukmemberikan layanan layanan inti kepada program aplikasi lainnya yaitu berupa akses ke media penyimpanan misalhnya hard disk dan pengaturan jadwal. Sistem operasi merupakan software pada lapisan pertama yang tersimpan pada memori komputer saat pertama kali kita menyalakannya. Contoh sistem operasi adalah Microsoft Windows, Mac OS Linux, DOS
- Program Utility : memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pengaturan komputer, perangkat-perangkat dan program dari komputer itu sendiri. Contohnya seperti scan disk, managing disk drivers,printers dan lain-lain.
2. Application Software
Software aplikasi terdiri dari program-program yang didesain untuk
membuat pengguna menjadi lebih produktif dengan tugas-tugas pribadi
mereka. Banyak tipe dari software aplikasi yang terhubung dengan sebuah
web browser sehingga memungkinkan untuk mengakses dan menampilkan
halaman web. Contoh software aplikasi adalah Microsoft Office, Excel,
dan Power Point.
Kategori-kategori Komputer
1. Personal Computers
Komputer bisa menampilkan semua data input, proses data
output dan menyimpan berbagai macam kegiatan di dalamnya. Personal
komputer terdiri dari prosessor,memori, dan satu atau lebih input,output
dan storage devices. Contoh yang paling umum adalah komputer desktop.
Komputer desktop didesain sedemikian rupa sehingga sistem unit,
perangkat input dan output, dan perangkat-perangkat lainnya sepenuhnya
sesuai untuk diletakkan di bawah atau di atas meja.
2. Mobile Computers
Komputer personal yang bisa dibawa dari tempat ke tempat.Tipe mobile computer yang paling terkenal adalah notebook computer. Notebook computer, atau yang biasa disebut dengan laptop, adalah sebuah portabel, komputer personal yang didesain pas untuk ditenteng. Notebook berukuran tipis dan ringan, tetapi kemampuan notebook setara dengan komputer desktop. Sedangkan netbook computer, berukuran lebih kecil dan kemampuannya tidak sekuat dengan komputer desktop model lama.
3. Mobile Devices
Sebuah perangkat komputer yang cukup kecil atau praktis untuk dibawa dengan tangan atau di saku. Ciri khasnya mempunyai layar tampilan (display screen) dengan layar sentuh atau keyboard mini. Mobile device mempunya sebuah kartu memori (memory cards)
untuk menyimpan data-data pengguna. Beberapa mobile devices ini
tersedia koneksi internet sehingga memungkinkan untuk mengakses
internet tanpa kabel. Seiring dengan perkembangan teknologi, mobile
devices pun berkembang hingga muncul banyak smart phones. Fitur
dari smart phones menawarkan berbagai macam aplikasi software seperti
word processing, lembar kerja, games, berkemampuan konferensi video
secara live,dll. Contohnya seperti PDA (personal digital asisstant), portable media players dan kamera digital.
4. Game Consoles
Game console adalah alat komputer mobile yang didesain
untuk satu atau banyak pemain video games. Game console biasanya
memiliki tombol/alat pengontrol sebagai perangkat input, layar televisi
sebagai perangkat output, dan hard disk atau memori cards sebagai storage (media penyimpanan). Model yang paling populer sekarang ini adalah Xbox 30, Nintendo's Wii, dan Sony's PlayStation 3.
Sebuah server mampu mengendalikan akses-akses yang terhubung dengan
hardware, software, dan sumber lainya dalam sebuah jaringan dan
menyediakan sebuah area media penyimpanan terpusat untuk program, data
dan informasi. Sebuah server dapat mendukung dari dua hingga ribuan
komputer yang terkoneksi disaat yang sama.
6. Mainframes
Mainframe adalah komputer yang besar, mahal, kuat yang dapat
mengatasi ratusan hingga ribuan pengguna terkoneksi secara bersamaan.
Biasanya mainframes digunakan untuk aktivitas bisnis. Dengan mainframe,
perusahaan mampu untuk melayani jutaan pelanggan, menyiapkan pembayaran
untuk ratusan pekerja, dan mengatur ratusan barang dalam inventaris.
7. Supercomputers
supercomputer |
Embedded computer adalah komputer yang dibuat untuk tujuan tertentu, berfungsi sebagai sebuah komponen dalam produk yang lebih besar. Embedded computers ada di mana saja, rumah, mobil, kantor. Embedded computers biasanya berukuran kecil, dan mempunyai hardware terbatas. Komputer ini mempunyai berbagai variasi fungsi, sesusai dengan produknya . Contohnya :
- Consumer Electronics : mobile and digital telephone, DVD players and recorders.
- Home Automation Devices: sistem keamanan.peralatan, dan cahaya.
- Automobiles : antilock brakes, engine control modules, airbag controller.
Elemen Sistem Informasi
Untuk bernilai, informasi harus akurat,teroganisir, tepat waktu, dapat diakses, berguna, dan hemat biaya untuk diproduksi. Indormasi umum dari komputer memerlukan 5 elemen di bawah ini :
1. Hardware
2. Software
3. Data
4. People
5. Procedures
Kesatuan dari 5 elemen ini disebut sebagai sistem informasi. Hardware harus terpercaya dan dapat menangani beban kerja dengan sesuai harapan. Software harus dibangun dengan cermat dan teruji. Data yang dimasukkan pun harus akurat. Perusahaan dengan skala tengah hingga besar mempunyai departemen IT untuk mengerti cara menggunakan komputer dengan teknologi terkini. Para IT tersebut harus mengikuti prosedur untuk mengoperasikan omputer beserta program-programnya.
Contoh Penggunaan Komputer
Setiap hari, orang menggunakan komputer dengan mengandalkan berbagai jenis komputer beserta variasi aplikasinya. Berikut adalah lima kategori dari pengguna :
- Home User
- Small office/home office
- Mobile user
- Power user
- Enterprise user
Home User
Di internet, pengguna rumah biasa mengakses banyak informasi, melakukan penelitian, membayar tagihan, mengatur investasi, belanja, menonton film, membaca buku dan lain-lain. Pengguna komputer di rumah juga saling berbagi ide, hobi, foto dan music lewat situs jejaring sosial. Di era sekarang ini pun, rumah-rumah biasany memiliki satu atau lebih komputer dekstop. Banyak pengguna-pengguna komputer rumah menggunakan jaringan tanpa kabel serta memiliki berbagai variasi software untuk mengetik surat, dokumen atau word processing software.
Small Office
Komputer dapat membantu usaha kecil atau pengguna kantor rumah dalam mengatur sumber daya mereka secara efektif. Usaha kecil/kantor rumah ( A small office/home office (SOHO)) termasuk beberapa perusahaan dengan jumlah karyawan kurang dari 50, yang bekerja dari rumah.
Pengguna SOHO mengakses internet biasanya tanpa kabel untuk mencari informasi seperti alamat, petunjuk, kode pos, transportasi atau untuk mengirim dan menerima e-mail. Pengguna SOHO bekerja dengan software dasar bisnis seperti program word processing dan spreadsheet yang membantu dalam persiapan dokumen dan keuangan.
Mobile User
Dewasa ini, bisnis dan sekolah sedang berkembang dalam melayani masyarakat antar negara dan di seluruh dunia. Mobile users adalah orang-orang yang bekerja dengan komputer atau mobile device yang dimana jauh dari kantor utama, kantor rumah, atau sekolah. Contoh penggunaan mobile user adalah agen real estate, agen asuransi, pengiriman barang, jurnalis, konsultan dan sekolah.
Power User
Kategori pengguna lainnya, yaitu power user memerlukan kemampuan dari sebuah workstation atau tipe komputer yang powerful. Contoh dari power users adalah insinyur, ilmuwan, desainer grafis dll. Power users sering bekerja dengan software multimedia, grafis, suara, video dalam satu aplikasi. Pengguna komputer seperti ini membutuhkan komputer dengan ukuran prosessor yang besar karena kebutuhan akan pekerjaan sebagai power user.
Enterprise User
Sebuah perusahaan mempunyai ratusan hingga ribuan pekerjaan atau pelanggan yang bekerja di dalam atau melakukan usaha dengan kantor yang berada di daerah, negara atau seluruh dunia. Pekerja atau pelanggan yang menggunakan komputer di perusahaan disebut Enterprise user. Perusahaan menggunakan komputer dan jaringannya untuk memproses transaksi dalam volume tinggi dalam satu hari. Contoh penggunaan entriprise user adalah membayar jutaan tagihan pelanggan, mempersiapkan pembayaran ratusan pekerja dan mengatur ratusan item investasi.
Aplikasi Komputer dalam Masyarakat
Saat ini komputer telah mengubah masyarakat sama seperti revolusi industri mengubah kehidupan masyarakat pada abab 18-19. Orang-orang menggunakan komputer untuk berbagai aspek kehidupan seperti pendidikan, pemerintahan, ilmu pengetahuan, travel dan manufaktur. Mereka juga bisa mengambil keuntungan dari bidang-bidang tersebut dengan adanya komputer.
Education
Pendidikan adalah sebuah proses untuk mendapatkan pengetahuan. Dahulu, orang mendapatkan pengetahuan dari orang lain seperti orang tua, saudara, guru atau dari buku, jurnal dan lain-lain. Namun saat ini, orang bisa memperoleh pengetahuan dari internet. Banyak sekolah dan laboratorium di lengkapi dengan komputer. Bahkan, kuliah pun saat ini bisa dilakukan secara online lewat situs dari universitas bersangkutan.
Finance
Banyak orang dan perusahaan menggunakan komputer untuk membantu mengatur keuangan mereka. Beberapa menggunakan software keuangan untuk menyeimbangkan pembayaran tagihan-tagihan, laporan pendapatan perseorangan, mengatur investasi, dan mengevaluasi perencanaan keuangan.
Goverment
Pemerintah membantu masyarakat dalam petunjuk untuk pembuatan kebijakan dan administrasi. Untuk melayani penduduk dengan informasi terbaru, banyak dari kanto pemerintah mempunya situs Web.
Science
Seluruh cabang dari ilmu pengetahuan dari biologi, astronomi, meteorologi, menggunakan komputer untuk membantu mereka dalam mengumpulkan, menganalisa, dan mengatur data. Bagaimanapun juga dalam operasi, obat-obatan dan penyembuhan sering dihasilkan dari penggunaan komputer oleh para ilmuwan.
Publishing
Publishing adalah proses pembuatan pekerjaan-pekerjaan tersedia di publik. Pekerjaan ini termasuk buku, majalah, surat kabar, musik, film, dan video. Software tertentu dapat membantu desainer grafis dalam menghasilkan halaman yang didalamnya terdapat foto, musik, artis dalam pembuatan lagu, pembuat film dalam membuat dan mengedit film, atau jurnalis dala mengambil dan memodifikasi video.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar