Senin, 16 September 2013

CHAPTER II - The Internet and World Wide Web (part 1)




The Internet and World Wide Web - Chapter II



Mata Kuliah       : Aplikasi Komputer

Hari/Tanggal     : Selasa

Jam                   : 10.30

Dosen               : Dicky Supriatna, S.Kom., MTI

Penulis              : 201350297 - Fernanda Odilia



The Internet

       Internet disebut juga dengan Net yaitu kumpulan seluas dunia yang menghubungkan jutaan para pembisnis, agensi pemerintahan, institut pendidikan dan orang-orang. Sekarang ini, lebih dari 1 milyar pengguna diseluruh dunia mengakses berbagai layanan pada internet.


Evolution of the Internet

       Awal mula dari internet berasal dari Project Networking oleh Pentagon's Advanced Research Projects Agency (ARPA), sebuah agensi Departmen Pertahanan Amerika.
Tujuan ARPA membuat jaringan adalah :
1. Memungkinkan para ilmuwan yang berada di daerah yang berbeda untuk berbagi informasi dan bekerja bersama
2. Dapat berfungsi meskipun jaringannya terputus ataupun dihancurkan karena ada bencana.

Jaringan ini disebut dengan ARPANET, mulai berfungsi pada September 1969, menggabungkan ilmiah dan penelitian akademi diluar wilayah Amerika Serikat.
Host pada saat ini lebih dikenal sebagai server yang mendukung servis dan koneksi ke komputer pada sebuah jaringan.

Perkembangan Internet
Tahun 1969 : ARPANET menjadi lebih berfungsi.
Tahun 1984 : ARPANET memiliki lebih dari 1.000 komputer pribadi yang terhubung sebagai hosts/server.
Tahun 1986 : National Science Foundation (NSF) terkoneksi dengan NSFnet ke ARPANET dan menjadi dikenal dengan Internet.
Tahun 1995 : NSFnet  mengakhiri hubungannya dengan internet dan melanjutkan statusnya sebagai jaringan riset.
Tahun 1996 : Internet2 ditemukan.

Sekarang ini lebih dari 550 juta hosts/server terhubung ke internet. Setiap organisasi hanya bertanggung jawab pada jaringan kita sendiri. Tidak ada perseorangan, perusahaan, institusi atau agensi pemerintahan yang mengontrol internet. The World Wide Web Consortium (W3C) mengatur dan menetapkan standart dan peraturan, mengawasi perkembangan untuk banyak area Internet. Misi dari W3C adalah mengkontribusi pertumbuhan web. Lebih dari 350 organisasi dari seluruh dunia adalah member dari W3C, menyarakan, mendefinisi standart dan menangani permasalahan yang lain.


Internet2

       Internet2 bukan riset untuk mencari keuntungan dan pembangunan projek yang terhubung dengan lebih dari 200 universitas dan 115 perusahaan melalui jaringan privasi yang berkecepatan tingkat tinggi. Ditemukan tahun 1996, tujuan dari Internet2 adalah untuk pembangunan dan test kemajuan jaringan teknologi yang akan memberikan keuntungan bagi pengguna internet dalam jangka waktu yang pendek.


Connecting to the Internet

       Banyak rumah dan pembisnis kecil yang terhubung dengan internet melalui jaringan berkecepatan tingkat tinggi. 
Contoh-contoh Broadband Internet Service:
1. Cable Internet Service menyediakan akses internet berkecepatan tingkat tinggi melalui jaringan kabel televisi. 
Cable Internet Modem

2. DSL (Digital Subscriber Line) menyediakan akses internet berkecepatan tingkat tinggi melalui kabel telefon.
DSL

3. Fiber to the Premises (FTTP) menggunakan kabel fiber optik yang menyediakan akses internet berkecepatan tinggi untuk rumah dan para pengguna bisnis.
FTTP

4. Fixed Wireless menyediakan akses internet berkecepatan tinggi menggunakan antena yang memancarkan sinyal radio.
Fixed Wireless


5. Cellular Radio Network menawarkan akses koneksi internet ke alat dengan teknologi yang sesuai atau komputer dengan modem wireless.
Cellular Radio Modem

6. Wi-Fi (wireless fidelity) pengguna jaringan sinyal radio menyediakan akses internet berkecepatan tinggi yang sesuai atau teratur.
Wi-Fi

7. Satellite Internet Service menyediakan akses internet berkecepatan tinggi melalui satelit ke sebuah satelit yang mengkomunikasikan dengan sebuah satelit modem.


Satellite Internet
       Disamping menggunakan broadband internet service, beberapa pengguna rumahan terhubung dengan internet melalui akses dial-up, meskipun teknologi kecepatan nya lebih rendah. Akses dial up mengambil tempat dimana modem di komputer terhubung dengan internet melalui kabel telefon standart yang mengirimkan data dan informasi menggunakan sinyal analog. Banyak yang memilih menggunakan dial-up karena harganya yang lebih murah atau karena akses broadband tidak tersedia di area tersebut.


Access Providers

       Akses Provider adalah bisnis yang menyediakan akses bagi individu maupun organisasi ke internet baik secara gratis maupun mengeluarkan biaya. Wi-Fi menyediakan akses gratis ketika yang lain dikenakan biaya ketika menggunakan akses internet. Akses provider lainnya biasanya mengenakan biaya bulanan untuk penggunaan akses internet.
       Akses Provider dikategorikan sebagai regional atau national ISPs, online service providers dan wireless Internet service.
1. ISP (Internet Service Provider) adalah regional atau national akses provider.
   - Regional ISP biasanya menyediakan akses internet untuk daerah geografis tertentu.
   - National ISP adalah bisnis yang menyediakan akses internet di kota-kota secara national.
   Contoh dari National ISP adalah AT&T dan EarthLink. 
2. Online Service Provider (OSP) memiliki banyak member yang mendapatkan fitur-fitur seperti instant messaging atau mengedit versi dari Web Browser mereka sendiri. Biasanya konten-konten umum dapat didapatkan dengan gratis tetapi konten-konten yang lebih spesifik dapat didapatkan dengan membayar aplikasi tersebut. Kedua OSP yang populer adalah AOL (America Online) dan MSN (Microsoft Network).
3. Wireless Internet Service Provider kadang disebut juga wireless data provider, adalah perusahaan yang menyediakan wireless akses internet ke desktop atau komputer dan alat komunikasi dengan built-in wireless capability (seperti Wi-Fi) atau ke komputer menggunakan modem wireless atau alat akses wireless. Contoh wireless internet service provider adalah AT&T, Boingo Wireless, Spint Broadband Direct, T-Mobile dan Verizon Wireless.


How Data and Information Travel he Internet




Langkah pertama: Anda melakukan sebuah aksi untuk meminta data atau informasi dari internet. Seperti contohnya, anda meminta untuk menampilkan sebuah halaman web pada layar komputer.
Langkah kedua: Kabel data mengirimkan sinyal digital komputer ke kabel televisi di rumah anda.
Langkah ketiga: Permintaan anda (sinyal digital) menjelajah melalui kabel televisi ke sistem kabel utama, yang terbagi dengan 500 rumah di lingkungan sekitar.
Langkah kempat: Sistem kabel data utama mengirimkan permintaan kita dengan kabel fiber-optic berkecepatan tinggi ke kabel operator, yang biasanya juga adalah ISP.
Langkah kelima: Permintaan rute ISP melalui internet backbone ke server tujuan (contohnya, server yang mengandung permintaan pada web site)
Langkah keenam: Server menerima permintaan halaman web dan mengirim kembali melalui internet backbone ke komputer anda.


Internet Addresses

       IP Address adalah kependekan dari Internet Protocol address, adalah  nomor yang unik yang mengidentifikasi setiap komputer atau alat yang terkoneksi ke internet. IP address biasanya terdiri dari 4 grup angka yang terpisah oleh angka. 72.14.207.99 adalah contoh dari IP address. Pada umumnya, bagian pertama dari setiap IP address mengidentifikasi jaringan dan bagian terakhir mengidentifikasi komputer secara spesifik.

       Domain Name adalah teks versi dari IP address. Seperti pada IP address, komponen dari domain name dipisahkan oleh titik. Teks pada domain name sampai dengan titik pertama mengidentifikasi tipe dari internet server. Contohnya www.google.com. Setiap domain name mengandung sebuah top-level domain (TLD) adalah bagian terakhir dari domain name.

       Organisasi yang memberikan dan mengontrol top-level domain adalah Internet Corporation forAssigned Names and Numbers (ICANN dibaca EYE-can). Untuk TLD seperti biz,com,info,name,net and org, kita harus meregister domain name dari registar, yang merupakan organisasi yang menjual dan mengatur domain name. Untuk web internasional diluar Amerika Serikat, domain name juga meliputi kode negara TLD. Contoh www.philips.com.au adalah domain name untuk philips australia.

       Domain Name System (DNS) adalah metode penggunaan internet untuk menyimpan domain names dan koresponden dari IP address. DNS server mengartikan atau menerjemahkan domain name ke dalam  IP address yang terkait. Skema IP address yang baru disebut dengan IPv6, mungkin meningkatkan nomor ketersediaan IP address.

       Perbedaan antara top-level domain dan sub-level domain adalah top-level domain siapa pun boleh menggunakannya sedangkan sub-level domain hanya dapat digunakan oleh orang/organisasi maupun perusahaan tertentu.



The World Wide Web


World Wide Web (WWW) atau Web terdiri dari kumpulan koleksi dokumen elektronik dunia. Setiap dokumen elektronik di web disebut dengan Halaman Web yang mengandung teks, gambar, animasi, audio dan video.
Web Site adalah koleksi dari halaman web yang berhubungan dengann item terkait, seperti dokument dan gambar, disimpan pada web server.
Web Server adalah komputer yang mengantarkan permintaan halaman web ke komputer kita. Web server yang dapat menyimpan beberapa web site.
Web 2.0 adalah situs-situs yang menekankan pada interaksi para user web browser/browser.


Browsing The Web

Web browser atau browser adalah software aplikasi yang memperbolehkan pengguna untuk mengakses dan melihat halaman web atau akses program Web 2.0. Web browser yang lebih luas untuk komputer pribadi adalah Internet Explorer, Firefox, Opera, Safari dan Google Chrome.


Web Browser

Home Page adalah halaman pertama dari suatu website. Home Page biasanya berisi link ke dokumen lain, web pages, atau web sites.
Link adalah kependekan dari hyperlink yaitu built-in connection yang berhubungan dengan halaman web atau bagian dari halaman web.
Downloading adalah proses komputer atau alat menerima informasi sperti halaman web dari sebuah server pada internet.


Web Addresses

       Sebuah Web page memiliki alamat yang unik, disebut URL (Uniform Resource Locator) atau alamat web. Alamat Web terdiri dari sebuah protokol, domain name dan terkadang jalur ke sebuah halaman web yang spesifik atau lokasi pada sebuah halaman web. HTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, adalah satu set aturan yang menjelaskan bagaimana mentransfer halaman pada internet.


Navigating Web Pages

       Kebanyakan halaman web berisi hypertext atau hypermedia links. Hypertext menunjuk ke links di text-based documents, mengingat hypermedia mengkombinasikan text-based menghubungkan dengan grafik, audio dan link video. Surfing the web untuk menghubungkan aktivitas menggunakan link untuk menjelajahi web.


Searching The Web
a. Search Engine : Program yang menemukan web sites, halaman web, gambar, video, berita, map dan informasi lainnya yang berhubungan dengan topik yang spesifik. contohnya: Google.com, Yahoo.com, MSN, Bing.com.
b. Subject Director : mengklarifikasikan halaman web di 1 set kategori yang tersusun  seperti sebagai olahraga atau belanja, dan cabang yang terkait.

Search Engine

       Search Engine sangat membantu dalam melokasikan informasi dimana kita tidak tau dengan jelas alamat web tersebut.
Search Engine dapat membatasi pencarian ke spesifikasi informasi tertentu seperti:
1. Images
2. Videos
3. Audio
4. Publications
5. Maps
6. People of businesses
7. Blogs
Search Engine mengharuskan anda memasukan kata atau kalimat yang disebut search text atau search query, yang mendeskripsikan item yang anda ingin cari. Setiap kata pada search text dikenal sebagai keyword.

Beberapa web browser menyediakan instant search box. Menggunakan instant search box tidak lagi perlu untuk menampilkan halaman web search engine. Teknik lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan pencarian adalah
1. Menggunakan kata yang lebih spesifik
2. Letakkan istilah yang paling penting terlebih dahulu pada search text
3. Memasukan semua kemungkinan ejaan seperti, email, e-mail.
4. Sebelum menggunakan search engine, baca help information
5. Jika pencarian tidak berhasil dengan 1 search engine, coba dengan menggunakan search engine lain.
Kebanyakan search engine menggunakan program yang disebut "spider" untuk membangun dan mengarus list kata-kata yang ditemukan pada web sites.

Subject Directories

       Subject Directory menyediakan list kategori dari link-link yang disusun berdasarkan subyeknya. Kekurangan utama dari subject directory adalah pengguna kesulitan memutuskan kategori mana yang akan dipilih.


Types Of Web Sites

Ada 13 tipe website yaitu:

1. Portal
       Portal adalah web site yang menyediakan berbagai layanan internet dari lokasi terdekat. Banyak portal yang memiliki online communities. Online Community adalah web site yang menggabungkan orang-orang dalam sebuah grup yang spesifik yang memiliki hubungan/ketertarikan yang sama. Portal yang terkenal adalah AOL, iGoogle, MSN, Yahoo!, AltaVista, Exate, GO.com, Lycus. Wireless Portal adalah portal yang didesain agar internet memungkinkan pada alat telekomunikasi.



2. News
       News adalah News Web site mngandung materi yang patut dijadikan berita meliputi cerita dan artikel yang berhubungan dengan kejadian, kehidupan, uang, olahraga dan cuaca terkini.


3. Informational
      Informational Web Site mengandung informasi yang berdasarkan fakta.



4. Business/Marketing
       Business/Marketing Web Site mengandung konten yang mempromosikan/menjual produk atau servis. Contoh Business/Markting web site adalah All State Insurance Company, Dell Inc., General Motors Corporatium, Kraft Foods Inc., dan Walt Disney Company.



5. Blog
       Blog merupakan kependekan dari WebBlog, yaitu web site tidak resmi yang mengandung time-stamped articles atau post dalam format diary atau jurnal, biasanya disusun mundur sesuai dengan kronologinya. Blog yang mengandung video clips disebut Video Blog atau Vlog.
Microblog memperbolehkan pengguna mempublikasikan pesan pendek biasanya antara 100 dan 200 karakter untuk orang lain membaca. Contoh Microblog adalah twitter. Istilah blogosphere mengacu pada koleksi web seluruh dunia dan vlogsphere mengacu pada koleksi vlog seluruh dunia. Pengaruh/pemilik blog disebut blogger dan pengguna/pemilik vlog disebut vlogger.



6. Wiki       Wiki adalah kolaborasi web site yang memperbolehkan pengguna untuk membuat, menambah, memodifikasi atau menghapus konten website melalui web browser mereka. Perbedaan antara wiki dan blog adalah pengguna tidak bisa memodifikasi post asli yang dibuat oleh blogger. Contoh wiki adalah wikipedia.



7. Online Social Network
       Online Social Network disebut juga social networking website yaitu web site yang mendukung member pada komunitas online untuk berbagi ketertarikan, ide, cerita, foto, musik dan video dengan pengguna yang teregistrasi. Contoh social network web yang terkenal adalah Facebook dan MySpace. Media Sharing Web Site adalah tipe online social network yang lebih spesifik yang memungkinkan member untuk berbagi media seperti foto, musik dan video. Flickr, Fotki, dan webshots, PixelFish dan Youtube.


8. Educational
       Educational web site menawarkan kesempatan yang menantang dan menarik untuk pengajaran dan belajar secara formal maupun informal.


9. Entertainment
        Entertainment web site menawarkan lingkungan yang interaktif dan menarik hati, entertainment web site menawarkan musik, video, olahraga, permainan, undian, chat rooms, dll.


10. Advocacy
       Advocacy web site mengandung konten yang mendeskripsikan penyebab, opini, atau ide. Sponsor Advocacy Web site meliputi the Democratic National Committee, the Republican National Committee.



11. Web Application
       Web Application adalah web site yang memperbolehkan pngguna untuk mengakses dan berinteraksi dengan software melalui web browser pada komputer atau alat yang terkoneksi dengan internet. Beberapa web application memberi akses gratis ke software mereka tetapi ada juga yang menawarkan software gratis tetapi dikenakan biaya saat mengaksesnya. Contoh: Google Docs (Word processing, spreadsheets, presentation), Turbo Tax Online (Tax preparation) dan Windows Live Hotmail (e-mail)



12. Content Aggregator
       Content Aggregator adalah sebuah bisnis yang mengumpulkan dan mengorganisasi web konten lalu mendistribusikan konten tersebut baik membayar maupun secara gratis.



       RSS 2.0 mrupakan singkatan dari Really Simple Syndication, yaitu spesifikasi yang digunakan oleh beberapa konten aggregator untuk mendistribusi konten ke langganan. Atom adalah spesifikasi lainnya yang kadang digunakan oleh konten aggregators untuk mendistribusi konten.



13. Personal
       Orang mempublikasikan personal web pages untuk berbagai alasan seperti untuk mencari pekerjaan atau ingin membagi pengalaman hidupnya dengan hidup.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar