Kamis, 10 Oktober 2013

Chapter VIII - Part II  Utility Programs

Mata Kuliah        : Aplikasi Komputer
Hari / Tanggal      : Selasa
Jam                     : 10.30
Dosen                 : Dicky Supriatna, S.Kom., MTI
Penulis                : 201350260 - Iis Liana


Utility Programs
Program utility, adalah jenis perangkat lunak sistem yang memungkinkan pengguna untuk bertanya, biasanya terkait dengan pengelolaan komputer, perangkat tersebut, atau program-programnya.

File Manager
File manager adalah sebuah utility yang melakukan fungsi yang berkaitan dengan file manajemen. beberapa fungsi manajemen file bahwa file manager  yang menampilkan daftar file pada media penyimpanan. Pengorganisasian file dalam folder, menyalin, mengubah nama, menghapus, memindahkan, menyortir file dan folder, dan menciptakan shortcuts.


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/51/Dolphin_FileManager.png


Search Utility
 Search Utility adalah program yang mencoba untuk mencari file di komputer Anda berdasarkan suatu kriteria yang Anda tentukan.




Image Viewer
 Image Viewer adalah utility yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan, menyalin, dan mencetak isi dari file grafis, seperti foto.


Uninstaller
Uninstaller adalah sebuah utilitas yang menghapus program, serta entri terkait dalam sistem file.

Disk Cleanup 
 Disk cleanup utility pencarian untuk dan menghapus file yang tidak perlu. file yang tidak perlu mungkin termasuk file download program, file-file sementara internet, menghapus file, dan file program yang tidak terpakai.

 

Disk Defragmenter 
 Disk Defragmenter adalah utility yang mereorganisasi file dan ruang yang tidak terpakai pada hard disk komputer sehingga sistem operasi mengakses data lebih cepat dan program berjalan lebih cepat.

Backup and Restore Utilities
Sebuah utility cadangan memungkinkan pengguna untuk menyalin file yang dipilih ke media penyimpanan lain seperti hard disk lain, optical disc, USB flash drive, atau tape.
Restore Utility
Utility pemulihan membalikkan proses dan kembali didukung file ke bentuk aslinya. utility backup bekerja dengan utilitas restore.



Screen Saver 
 Screen saver adalah utility yang menyebabkan layar perangkat dispaly bisa  menampilkan gambar bergerak atau layar kosong jika tidak ada aktivitas keyboard atau mouse terjadi untuk waktu 
tertentu.



Personal Firewall 
Firewall pribadi adalah utility yang mendeteksi dan melindungi komputer pribadi dari gangguan yang tidak sah.

Antivirus Programs
Istilah, AntiVirus Programs, menggambarkan sebuah program komputer yang berpotensi merusak dan mempengaruhi, atau menginfeksi dengan cara mengubah komputer bekerja tanpa sepengetahuan atau izin pengguna. Program antivirus melindungi komputer terhadap virus dengan mengidentifikasi dan menghapus virus komputer yang ditemukan di memori, pada media penyimpanan.



 Tanda-tanda Komputer Teinfeksi Virus :
 1. Pesan yang tidak biasa atau gambar yang ditampilkan pada layar komputer
 2. Suara yang tidak biasa atau musik memainkan secara acak
 3. Memori yang tersedia kurang dari apa yang harus tersedia
 4. Program atau file tiba-tiba hilang
 5. Program yang tidak diketahui atau file muncul misterius
 6. Ukuran file perubahan tanpa penjelasan
 7. File menjadi rusak
 8. Program atau file tidak bekerja dengan benar
 9. Sistem perubahan sifat
10. Komputer beroperasi lebih lambat dari biasa.



A WORM
 Jenis virus, seperti Sasser atau Klez, menyalin dirinya sendiri berulang kali misalnya, dalam memori atau melalui jaringan, menggunakan sumber daya sistem dan mungkin mematikan sistem.

A TROJAN HORSE 
Jenis virus yang menyerang dari dalam sistem itu sendiri.



Spyware  And Adware Removers
Spyware adalah  program yang ada pada komputer tanpa sepengetahuan pengguna secara diam-diam mengumpulkan informasi tentang pengguna.
Spyware Remover
spyware remover adalah program yang dapat mendeteksi dan menghapus spyware dan program-program serupa lainnya
Adware remover adalah program yang dapat mendeteksi dan menghapus adware.

Internet Filters
filter adalah program yang bisa  menghapus atau memblokir item tertentu dari yang ditampilkan. Empat filter yang banyak digunakan yaitu : 

1. WEB FILTERS 
Adalah program yang membatasi akses ke situs tertentu pada web, membatasi akses ke situs web tertentu, situs filter lain yang menggunakan kata tertentu.
2. Anti-Spam Programs
 Adalah program penyaringan yang mencoba untuk menghapus spam sebelum mencapai kotak masuk  Anda.
3. Phishing Filters
Phishing adalah scam di mana pelaku mencoba untuk mendapatkan data pribadi anda  atau informasi keuangan anda
Phishing Filters  adalah program yang memperingatkan blok Anda dari situs web yang berpotensi penipuan atau mencurigakan.
4. Pop-up Blockers  
Pop-up adalah  iklan internet yang tiba-tiba muncul di latar depan sebuah halaman web ditampilkan dalam browser Anda.  
Pop-up Blockers adalah program penyaringan yang berhenti dan menampilkan  iklan pop-up pada halaman web.

File Compression
Sebuah file Compression mengambil  ruang penyimpanan dari file asli. Compression file membebaskan ruang pada media penyimpanan dan meningkatkan kinerja sistem.
Ada dua jenis Compression yaitu : lossy dan Loss-Less.
1.  Compression lossy, karena kualitas file sedikit menurun setiap kali file compression, Anda tidak akan dapat mengembalikan file ke keadaan semula.
2. Compression lossless, sebaliknya, file compression dapat dikembalikan ke keadaan semula. file teks biasanya menggunakan compression lossless.


Media Player
Media player adalah sebuah program yang memungkinkan Anda untuk melihat foto dan animasi, mendengarkan audio, dan menonton file video di komputer Anda.


Disc Burning
Disc burning software menulis teks, grafik, audio, dan file video pada recordable atau rewritable CD, DVD, atau blu-ray Disc.

 

Personal Computer Maintenance
Mengidentifikasi dan perbaikan masalah sistem operasi, mendeteksi dan perbaikan masalah disk, dan termasuk kemampuan untuk meningkatkan kinerja komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar