Senin, 04 November 2013

MULTIMEDIA DAN WEB

Mata Kuliah        : Aplikasi Komputer
Hari / Tanggal      : Selasa
Jam                     : 10.30
Dosen                 : Dicky Supriatna, S.Kom., MTI
Penulis                : 201350263 - Yuli Oktaviani


Multimedia berbasis web  adalah situs web yang mengandung lebih dari satu jenis media biasanya suara, video, atau animasi, di samping teks dan gambar. Situs Multimedia sering mengandung unsur-unsur yang berinteraksi dengan pengguna secara langsung,mengontrol pengiriman suara atau klip video, memanipulasi objek 3D, bermain game, dll. Komputer cepat dan koneksi internet broadband membuat multimedia berbasis web jauh lebih layak daripada di masa lalu. 

Kategori Multimedia

Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.
  1. Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
    • Media teks/tulisan
    • Media audio/suara
    • Media video
    • Media animasi
    • Media gambar
    • Media Interaktif
    • Media spesial effect

  2.  Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
    • TV
    • Radio
    • Film
    • Media Cetak
    • Musik
    • Game
    • Entertainment
    • Tutorial
    • Internet

Beberapa fungsi web multimedia : 

  • Informasi pengiriman: Foto produk, klip video, animasi untuk menyampaikan konsep, dll 
  • E-commerce: Foto produk, sampel film dan musik, dll 
  • Dapat menggunakan virtual reality (VR) untuk menyampaikan tiga dimensi pandangan produk, rumah dijual, dll 
  • Hiburan: Game online, klip video, musik online, kegiatan interaktif, dll 
  • Pelatihan berbasis web (WBT): Menyampaikan instruksi melalui Web

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Web berbasis Multimedia 

 Keuntungan
  • Dapat mengatasi berbagai gaya belajar
  • Belajar dengan sistem visual
  • Belajar secara Auditori
  • kinestetik peserta didik
  • Bahan lebih menarik dan menyenangkan
  • Banyak ide-ide lebih mudah untuk menyampaikan
Kekurangan:
  • Waktu dan biaya pengembangan
  • Kompatibilitas dan waktu download untuk multimedia berbasis Web
    Secara umum, image atau grafik berarti still image seperti foto dan gambar. Manusia sangat berorientasi pada visual (visual-oriented), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi. Semua objek yang disajikan dalam bentuk grafik adalah bentuk setelah encoding dan tidak mempunyai hubungan langsung dengan waktu. - See more at: http://www.zainalhakim.web.id/posting/mengenal-istilah-multimedia.html#sthash.kd3kGN2o.dpuf

Elemen Multimedia 

Teks
Digunakan untuk memasok konten dasar, serta untuk menambahkan menu berbasis teks dan hyperlink. 
Jenis font yang digunakan :
  • Serif: lebih mudah dibaca, digunakan untuk tubuh besar teks 
  • Sans serif: digunakan untuk judul, judul, spanduk halaman Web
Hal-hal yang harus diperhatikan dengan teks : 
  • Tipografi yang berbeda dapat menyampaikan perasaan yang sangat berbeda dan tayangan 
  • Penting untuk memilih ukuran font yang sesuai 
  • Ketika penampilan teks konsisten adalah diperlukan-seperti logo-gambar grafis yang digunakan sebagai pengganti
 Gambar atau grafis 

 adalah representasi digital dari foto, gambar , grafik , dan gambar visual lainnya. Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.

Secara umum, image atau grafik berarti still image seperti foto dan gambar. Manusia sangat berorientasi pada visual (visual-oriented), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi. Semua objek yang disajikan dalam bentuk grafik adalah bentuk setelah encoding dan tidak mempunyai hubungan langsung dengan waktu. - See more at: http://www.zainalhakim.web.id/posting/mengenal-istilah-multimedia.html#sthash.kd3kGN2o.dpuf
Secara umum, image atau grafik berarti still image seperti foto dan gambar. Manusia sangat berorientasi pada visual (visual-oriented), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi. Semua objek yang disajikan dalam bentuk grafik adalah bentuk setelah encoding dan tidak mempunyai hubungan langsung dengan waktu. - See more at: http://www.zainalhakim.web.id/posting/mengenal-istilah-multimedia.html#sthash.kd3kGN2o.dpuf
Gambar yang tersedia dalam berbagai bentuk yaitu :
 GIF : Sebuah format grafis umum digunakan untuk Web page garis gambar seni. Cirinya adalaha : 
  • Mendukung 256 warna , meskipun dapat menggunakan palet warna yang lebih kecil sesuai kebutuhan 
  • Dapat transparan 
  • Dapat terjalin 
  • Menggunakan file kompresi lossless 
  • Beberapa gambar GIF dapat dikombinasikan untuk membentuk animasi GIF
Format PNG : dirancang khusus untuk digunakan dengan gambar halaman 
Ciri-cirinya adalah :
  • WebKompresi lossless , dan dengan efisiensi yang lebih dari GIF 
  • Dapat menggunakan palet warna atau warna sejati 
  • Tidak bisa animasi 
Format JPEG : mendukung true color dan umumnya digunakan untuk foto dimasukkan ke dalam halaman. 
Ciri-cirinya adalah 
  • Web bisa progresif
  • Menggunakan file kompresi lossy 
  • Jumlah kompresi ditentukan ketika file tersebut disimpan
         Tidak jarang suatu situs hanya menampilkan gambar berupa Thumbnail, karena proses loading file grafis dapat memakan waktu yang lama. Thumbnail adalah gambar dengan ukuran lebih kecil, dalam hal bentuk dan kapasitas, yang merupakan perwalikan dari gambar aslinya. Jika ingin menampilkan gambar sebenarnya, cukup klik saja gambar thumbnail ini. Misalnya pada saat melakukan pencarian gambar di Google, maka hasil pencarian akan berupa kumpulan thumbnail yang ukurannya kecil.

Animasi 

 Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi.
Konsep dari animasi adalah menggambarkan sulitnya menyajikan informasi dengan satu gambar atau sekumpulan gambar. Demikian juga tidak dapat menggunakan teks untuk menerangkan informasi.
Animasi seperti halnya film, dapat berupa frame-based atau cast-based. Frame-based animation (animasi berbasis frame) dibuat dengan merancang setiap frame tersendiri sehingga mendapatkan tampilan akhir. Cast-based animation (animasi berbasis cast) mencakup pembuatan kontrol dari masing-masing objek (kadang disebut cast member atau actor) yang bergerak melintasi background. Hal ini merupakan bentuk umum animasi yang digunakan dalam game dan object-oriented software untuk lingkungan Window. - See more at: http://www.zainalhakim.web.id/posting/mengenal-istilah-multimedia.html#sthash.kd3kGN2o.dpuf
  •  Java applet : Sebuah program kecil yang dimasukkan ke dalam halaman web yang melakukan tugas tertentu 
  • Animated GIF : Sekelompok gambar GIF disimpan sebagai file GIF animasi , dimasukkan ke dalam halaman Web , yang ditampilkan berurutan untuk mensimulasikan gerakan


 Audio 

Semua jenis suara termasuk musik , suara yang diucapkan , efek suara. Dapat direkam menggunakan mikrofon atau alat MIDI , disimpan dalam CD , atau di-download dari Internet. Sering dimainkan ketika sebuah peristiwa terjadi pada halaman Web atau bila pengunjung mengklik linkStreaming audio digunakan untuk mempercepat pengiriman. 
 Format file audio yang umum termasuk:
  •  wav. mp3. midi

Video

Dimulai sebagai aliran kontinu informasi visual , yang kemudian dipecah menjadi gambar terpisah ( frame ) saat video direkam. Dapat memerlukan sejumlah besar ruang penyimpanan. Data video, seperti data audio , biasanya dikompresi. Video streaming digunakan untuk file besar
Format file video umum termasuk : 
  •  avi. mp2mp4 .

Situs web desain 

adalah istilah umum yang digunakan untuk mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah web browser atau perangkat lunak berbasis web. Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten onine termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web/ server. Sebuah website dapat berupa sekumpulan teks, gambar, suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif ataupun statis.
 
Pertimbangan Cermat yang harus diperhatikan: 
  • Fitur Yang memerlukan Browser tertentu
  • Fitur Yang memerlukan: sedikit digunakan plug-in
  • Ukuran bahasa dari konten halaman, perangkat Yang berbeda, browser, dan resolusi xp mempengaruhi bagaimana halaman Web ditampilkan.
  • Perhatikan ukuran file gambar
  • Gunakan Link ke audio, video 
  • Gunakan audio streaming Dan video 

Flow chart, page layout, dan storyboard 

digunakan untuk merancang struktur dan tata letak situs. 
  • Flowchart : Menunjukkan bagaimana halaman situs website dapat terhubung satu sama lain.
  • Layout Auditan : Menampilkan basic layout pada halaman web. 
  • Storyboard : Menggambarkan isi urutan animasi atau komponen multimedia yang lain. 

 Navigasi

Navigasi adalah petunjuk posisi dan arah perjalanan. Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website Anda.

Biasanya, pada sebuah website, navigasi tertampil pada menu dan link yang terstruktur. Seringkali, saat kita membuka sebuah website, kita merasa kesal karena tidak mendapatkan halaman website yang dicari dikarenakan navigasi yang ruwet dan tidak jelas.
 Langkah-langkah untuk membuat navigasi yang baik dan benar :
  • Menentukan konsep
  • Letak Navigasi
  • Nama Menu harus jelas dan singkat
  • Menu dan links harus eye-catching
  • Konsisten 
  • Petunjuk bagi pengunjung 
  • Sitemap dan link pada setiap halaman

 Pengembangan Website Multimedia 

Membuat situs Web 
  • Terjadi setelah situs ini dirancang 
  • Bisa dilakukan di rumah atau outsourcing
  • Tiga langkah dasar yaitu :
  1. Membuat elemen multimedia : termasuk video editing software, audio editing software, image editing software
  2. Membuat situs Web :
    • Menggunakan tag HTML untuk menunjukkan di mana efek dan elemen termasuk dalam halaman Web
    • Beberapa tag dipasangkan
    • Komputer dan browser yang digunakan masih menentukan bagaimana halaman Web akan menampilkan
  3. Pengujian, penerbitan, dan pemeliharaan situs
 


XML - Extensible Markup Language

Extensible Markup Language ( XML ) adalah bahasa markup yang dirancang KHUSUS untuk penyampaian informasi melalui World Wide Web , seperti HTML. XML mampu mendefinisikan sebuah dokumen berstruktur hirarki dengan elemen-elemen yang tersarang sepenuhnya dalam elemen lain. , dan dengan sebuah elemen tingkat teratas yang dikenal sebagai elemen root. Contoh dokumen XML :
  • DATA PROVIDER 
  • LAYANAN PROVIDER
Tujuan desain XML adalah:
  • XML harus dapat digunakan secara langsung di Internet.
  • XML harus mendukung secara luas berbagai aplikasi.
  • XML harus kompatibel dengan SGML.
  • Program yang memproses dokumen XML harus mudah dibuat.
  • Jumlah fitur opsional pada XML harus dibuat seminimum mungkin, idealnya nol.
  • Dokumen XML harus jelas dan mudah dipahami manusia.
  • Desain XML harus formal dan singkat.
  • Dokumen XML harus mudah dibuat.

 XHTML

XHTML adalah sebuah kombinasi dari HTML dan XML (Extensible Markup Language) & merupakan bentuk sempurna (dalam arti, lebih ketat dan bersih dibandingkan HTML). Tujuan XHTML adalah menggantikan HTML. 
  • XHTML adalah bentuk HTML yang didefinisikan sebagai aplikasi XML yang berarti XHTML berisi semua elemen dalam HTML 4.01 dikombinasikan dengan sintaks XML.
  • XHTML adalah bahasa markup sebagaimana HTML, tetapi dengan gaya bahasa lebih baik. 
  • XHTML merupakan versi HTML yang memenuhi persyaratan XML dan merupakan sebuah dokumen HTML dan XHTML menjadi standar internasional dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh W3C (World Wide Web Consortium).

Dynamic HTML (DHTML)

Dynamic HTML (DHTML) adalah suatu istilah untuk membuat halaman web yang interaktif dan dinamis dengan mengkombinasikan bahasa pemrograman HTML, CSS, Javascript, dan Document Object Model, jadi DHTML bukanlah suatu bahasa pemrograman.
Berbeda dengan HTML yang memiliki kemampuan untuk mengolah dan menghasilkan halaman web sebelum ditampilkan, cara kerja DHTML adalah mengijinkan bahasa pemrograman untuk diubah menjadi variabel pada setiap pendefinisian bahasa pemrograman halaman web yang menghasilkan efek perubahan tampilan serta fungsinya setelah halaman web ditampilkan.

Wireless Markup Language (WML)

WML adalah bentuk sederhana dari HTML namun merupakan bentuk dasar dari XML. WML digunakan untuk membuat halaman yang nantinya akan ditampilkan pada browser WAP. Halaman pada WML disebut sebagai DECKS yang merupakan set pembentukkan dari CARDS.

Contoh sebuah struktur sederhana dari WML adalah:

<?xml version="1.0" encoding="iso-8859-1" ?>
<!DOCTYPE wml PUBLIC "-//WAPFORUM//DTD WML 1.3//EN" 
    "http://www.wapforum.org/DTD/wml_1.3.xml">
<wml>
<card id="" title="">
<p align="">
</p>
</card>
</wml> 

SVG (Scalable Vector Graphics)

SVG (Scalable Vector Graphics) merupakan suatu format gambar Vector yang berbasis Open XML untuk membentuk gambar 2 dimensi termasuk animasinya dalam format XML (eXtensible Markup Language).
  •  SVG digunakan untuk membuat grafik dengan mendefinisikan vector, yang akan digunakan dalam halaman web.
  •   SVG menghasilkan grafik yang tidak akan berkurang kualitasnya sebagai akibat proses zoomming maupun resizing.
  • Elemen dan attribut dalam SVG dapat dianimasi

Scripting Language 

Bahasa skrip atau bahasa skripting )adalah bahasa pemrograman komputer yang diinterpretasikan secara khas dan dapat diketik langsung dari keyboard oleh pengguna. 
  • Skrip berbeda dengan program, karena program harus dikonversi terlebih dahulu secara permanen menjadi berkas biner tereksekusi (yaitu nol dan satu) sebelum dijalankan. 
  • Skrip tetap dalam bentuk aslinya dan diinterpretasikan perintah per perintah setiap kali dijalankan.
  • Skrip diciptakan untuk mempersingkat proses tradisional suntingan-kompilasi-tautan-jalankan (edit-compile-linking-run).

 AJAX

AJAX adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu pendekatan dalam merancang dan mengimplementasikan aplikasi web. AJAX merupakan singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Istilah ini pertama kali diperkenalkan dalam sebuah artikel oleh Jesse James Garrett dari Adaptive Path, sebuah perusahaan web desain berbasis di San Francisco.
Tujuan utama dari AJAX adalah untuk membuat aplikasi web berfungsi seperti aplikasi desktop.

VRML

VRML (virtual reality modeling language) adalah sebuah bahasa pemograman yang di ciptakan khusus membuat objek-objek 3Dimensi. objek-objek yang dibuat dengan VRML akakn memiliki 3 buah dimensi panjang, lebar, dan kedalaman, sehingga dapat dipandang dari setiap sudut.
 Beberapa aplikasi VRML yaitu :
  1. Arsitektur : digunakan untuk membuat bangunan mirip aslinya, di mana nda ingin menjelajahi setiap[ sudut bangunan seperti mengunjungi langsung.
  2. Bisnis ; bagi uahawan VRML adalah ajang bagus untuk membuat promosi produknya dalam 3 dimensi.
  3. Hiburan : anda dapar berekreasi di komputer anda melalui VRML ini.
  4. Homepage : kini sudah banyak poerusahaan menggunakan VRML untuk membuat webpage atau homepage-nya jauh menarik.
  5. Ilmu pengetahuan : Anda bisa membuat sebuah anatomi tubjuh 3D yang dapat diputar0putar, membuat struktur molekul, tata surya planet-planet , dan sebagainya.
  6. Militer : saat ini di bidang militer VRML digunakan untuk meletakan daerah-daerah operasi militer , yang nantnya digunakan untuk meletakkan pasukan, atau bahkan digunakan sebagai panduan untuk smart missile (peluru kendali ).
  7. Pendidikan : bisa digunakan sebagai sarana pendidikan yang efisien.
  8. Rekayasa : VRML digunakan untuk membuat atau merekayasa suatu rancangan seperti mobil, banguann pesawat terbang.

MHTML

MHTML adalah istilah lebih singkat untuk MIME HTML, format archive web page yang digunakan untuk mengikat resource. Secara tipikal direpresentasikan dengan link external, seperti image, animasi Flash, Java applet, audio file, dan sebagainya, bersama dengan kode HTML menjadi sebuah file tunggal. Format ini terkadang juga dirujuk sebagai MHT.

Website authoring software

Situs web authoring software digunakan untuk membuat halaman web dan situs web yang lengkap
misalnya Dreamweaver, Microsoft Expression Web.
  •  Tombol toolbar, menu, dll untuk membuat dan memformat halaman
  •  Laporan HTML yang sesuai secara otomatis dihasilkan  
  • Memungkinkan Anda untuk membuat sebuah situs web kohesif secara keseluruhan, bukan hanya setiap halaman 
  • Memungkinkan Anda untuk dengan mudah meliputi bentuk dan konektivitas database untuk interaksi yang lebih dinamis dengan pengunjung serta membantu alat pembangunan lainnya, seperti tes untuk link rusak dan tes aksesibilitas

 Pengujian, penerbitan, dan pemeliharaan situs

  • Hyperlink harus diklik untuk memastikan mereka membawa pengguna ke lokasi yang tepat   
  • Setiap tindakan kemungkinan yang bisa terjadi dengan elemen animasi harus diuji
  • Mengoreksi setiap halaman atau layar dengan hati-hati
  • Pertimbangkan "stress test"
  • Memperbarui konten dan  memeriksa link secara teratur
  • Halaman Web XHTML dapat diperiksa dengan XHTML validator

 

13 komentar:

  1. makasih kak atas blog HTML MULTIMEDIA nya semoga kakak bisa terus membuat blog yang bermanfaat bagi saya. tapi hanya saran saya kakak bisa memberikan lebih banyak contoh-contoh rumus HTML perkenalkan nama saya Rida anggraini jangan lupa kunjungi website kampus kami di https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  2. Terima kasih kak atas artikel yang kakak tulis ini dapat bermanfaat bagi saya dan juga untuk org lain, terutama saya yang baru belajar tentang html dengan multimedia ini. Sehat selalu ya kak agar kakak dapat membuat artikel selanjutnya lagi. Dan sukses kedepannya. Aaminnn. Perkenalkan nama saya Reza Anggraini jangan lupa kunjungi website kampus kami di https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. Terima kasih kak atas artikel yang kakak tulis ini dapat bermanfaat bagi saya dan juga untuk org lain, terutama saya yang baru belajar tentang html dengan multimedia ini. Sehat selalu ya kak agar kakak dapat membuat artikel selanjutnya lagi. Dan sukses kedepannya. Aaminnn. Perkenalkan nama saya Reza Anggraini jangan lupa kunjungi website kampus kami di https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  4. Terima kasih kak atas artikel yang kakak tulis ini dapat bermanfaat bagi saya dan juga untuk org lain, terutama saya yang baru belajar tentang html dengan multimedia ini. Sehat selalu ya kak agar kakak dapat membuat artikel selanjutnya lagi. Dan sukses kedepannya. Aaminnn. Perkenalkan nama saya Reza Anggraini jangan lupa kunjungi website kampus kami di https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  5. Terima kasih kak atas artikel yang kakak tulis ini dapat bermanfaat bagi saya dan juga untuk org lain, terutama saya yang baru belajar tentang html dengan multimedia ini. Sehat selalu ya kak agar kakak dapat membuat artikel selanjutnya lagi. Dan sukses kedepannya. Aaminnn. Perkenalkan nama saya Reza Anggraini jangan lupa kunjungi website kampus kami di https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  6. Terima kasih kak atas artikel yang kakak tulis ini dapat bermanfaat bagi saya dan juga untuk org lain, terutama saya yang baru belajar tentang html dengan multimedia ini. Sehat selalu ya kak agar kakak dapat membuat artikel selanjutnya lagi. Dan sukses kedepannya. Aaminnn. Perkenalkan nama saya Reza Anggraini jangan lupa kunjungi website kampus kami di https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  7. terima kasih pak, isinya mudah di pahami. sangat berguna bagi saya yg sedang belajar bahasa pemrograman dasar. saya harap bapak terus update ilmu lainnya, nama saya Muhammad arga sendiansyah. halaman web kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Terimakasih artikelnya, kak! Artikel kakak sangat bermanfaat bagi saya mahasiswa baru yang baru belajar tentang pemrograman. Cara penulisan, penyampaian, dan bahasa kakak dalam artikel juga cepat dimengerti dan dipahami. Apalagi ada gambar sebagai langkah pengerjaannya, sehingga membuat saya cepat mengerti dan dapat mempraktekkannya dengan baik dan cepat.
    Hanya saja, menurut saya gambar dalam artikel kakak sebaiknya diperbesar, soalnya agak blur. kalo di zoom menggunakan laptop saya juga gambarnya blur. Maaf ada sedikit saran, hehe. Tapi selebihnya bague kok kak!
    Semoga kedepannya kakak lebih banyak berkarya dalam membuat artikel seperti ini, jadi dapat membantu mahasiswa-mahasiswa yang lagi perlu.
    oh iya, nama saya Putra Raniansyah, saya dari STMIK Atma Luhur Pangkalpinang. Kapan-kapan mampir ya kak ke web kampus kita! https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  10. Terima Kasih Kak atas Penjelasan nya. Saya sudah mengunjungi banyak artikel serupa, tetapi tidak selengkap yang ada di sini.
    menurut saya informasi yang disampaikan disertai gambar serta penjelesan dan penerapanya sangat membantu sehingga cukup mudah dipahami. semoga kedepanya bisa menampilkan artikel yang bermanfaat dengan konten yang serupa.
    Perkenalkan Nama saya Andika Aprianus
    Kunjungi Website kampus kami di https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  11. Terima kasih atas ilmunya, saya sekarang sudah mengerti bagaimana cara mrnampilkan file-file multimedia seperti audio dan video. Materinya mudah untuk dimengerti karena disajikan dengan sederhana, tidak berbelit-belit, dan langsung ke sumber permasalahan. Semoga artikelnya update trus agar saya bisa belajar lagi.

    Oh ya, perkenalkan nama saya Ricki Tri Putra, mahasiswa STMIK ATMA LUHUR, Pangkalpinang. Kalau ada berkesempatan kunjungin website kami ya di : https://www.atmaluhur.ac.id/ salam sukses ya.

    BalasHapus
  12. Hallo kak🤗
    Saya ingin berterima kasih kepada kakak krna telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat untuk saya . Semoga materi ini bisa dipelajari dengan baikk , semoga kakak tidak bosan untuk memberikan materi untuk dipelajari atau dimengerti orang2 yang membutuhkan nya 🤗🤗
    Perkenalkan nama saya DIAN ANGGREINI NIM 1922500136 kelompok SI2K . Link kampus https://www.atmaluhur.ac.id/
    SUKSES TERUS KAK🤗

    BalasHapus
  13. Saya sangat terkesan dengan postingan kakak. Saya berharap postingan ini dapat membantu teman teman dan dapat bermanfaat bagi orang banyak. Bahasanya sangat mudah dimengerti sehingga mudah untuk dicerna.
    Perkenalkan nama saya Merlyn Gebhyanti NIM 1922500191 kelompok SI2K. Link kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus